Selasa, 15 November 2011

desa dari segala desa itu desa leuwimunding

info desa leuwimunding

1.budaya leuwimunding

   budaya disetiap daerah pasti berbeda.terutama di desa leuwimunding ada budaya sunda dan budaya jawa tetapi mayoritasnya adalah budaya sunda.masyarakat masih memegang teguh budaya mereka sendiri terutama dalam tatakrama,bahasa,aktifitas,keahlian mereka mengembangkanya sesuai kemampuan mereka.dalama budaya bahasa terutama bahasa sunda di setiap daerah logat pengucapanya berbeda.
begitupun dalam bahasa jawa terdapat di desa parungjaya tetapi itu hanya sebagian tak msemuanya menggunakan bahasa jawa atau bahasa sunda.dalam tatakrama para orang tua mengajarkan bagaimana sikap kepada yang lebih tua dan kepada yang lebih muda.sanksi di setiap daerah pasti berbeda tergantung pelanggaran apa yang di lakukanya.selain itu juga potensi desa leuwimunding sudah mengikuti seiring barjalanya jaman.
2.potensi desa leuwimunding
  potensi desa leuwimunding dari segi pendidikan sudah memenuhi syarat contohnya sudah ada sekolah dari tingkat dasar sampai sekolah tingkat atas dan madrasah hingga aliyah.dan dari segi ekonomi tersedia tempat dimana masyarakat dapat bertransaksi yaitu pasar leuwimunding yang sudah menjadi aktifitas masteakat itu sendiri.tersedia layanan kesehatan nada puskesmas, bidan,dan seorang dokter.
sehingga masyarakat mudah dalam menghadapi kesulitan selain itu telah terdapat dua apotek untukmelayani masyarakat,tempat teknologi komputer misal banyak tempat warnet dan tak lupa di desa ciparay telah ada tempat bimbingan bagi anank,siswa sekolah atau umum lainya yaitu kursus bahasa inggris.dan dalam kerajinan dan keahlian masyarakat diantaranya rotan yang ada di blok iser,dll.

3.info lainnya 
   desa leuwimunding letaknya cukup srategis karena sekaligus menjadi kecamatan leuwimunding.setelah yang kita tahu bahwa sekitar bulan oktober telah mendapat tamu agung yaitu kedatangan bupati dalam rangka hari jadi majalengka bertempat alun alun lapangan leuwimunding.
desaku adalah tempat kelahiranku tempat ku bersandar hidup dan saya ingin seiring jaman berjalan semoga menjadi desa yang berahlakul karimah karena di desa leuwimunding telah ada pondok pesantern dimana masyarakat terutama para santri yang ingin menyantri bisa menimba ilmu di sana.semoga pelaksanaan pembangunan akan berjalan lancar dan stap pengurusnya bisa bertindak sesuai tugasnya.
desaku sangat indah lebih indah dari desa lain karena belum seperti kota dan desa leuwimunding merupakan desa yang amat aku cintai selain masyarakatnya juga ramah tamah.

I LIKE IT DESA LEUWIMUNDING  !

Tidak ada komentar: